ITS Tuan Rumah GeMasTIK

Perhelatan akbar di bidang Teknologi Informasi (TI) yang ini adalah yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa pecinta TI di Indonesia. Yaa, apalagi kalau bukan geMasTIK III. Tentu saja saya juga tertarik mengikuti geMasTIK lagi. Semoga saja tahun ini saya lebih beruntung daripada tahun lalu..

Kali ini, ITS mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Dua kompetisi geMasTIK terdahulu diadakan di IT Telkom. Kalau dulu, lolos final bisa jalan-jalan di samping berkompetisi. Kali ini kalau lolos final, yaa di kampus sendiri.. Mau jalan-jalan ke mana lagi coba.. Hahaha.. Yang penting kan kompetisinya :p

Nih aku kasi cuplikan berita dari ITS, enjoy :

Gemastik Merupakan Program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi (DPPM DIKTI), yang bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang TIK. Selain itu, Gemastik juga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital di tanah air.

Perhelatan Gemastik ini di khususkan untuk mahasiswa S1 dan D3, untuk semua perguruan tinggi se-Indonesia. Peserta yang mendaftar untuk Gemastik yang ke-2 mencapai 3000 pendaftar. “Untuk tahun ini diharapkan meningkat dari sebelumnya, minimal 3100,” ujar Ir Muhammad Husni Mkom selaku ketua panitia dari ITS.

Ada sembilan kategori untuk Gemastik kali ini, bertambah satu kategori dari sebelumnya yaitu lomba desain web. Delapan kategori lainnya adalah lomba piranti cerdas, lomba aplikasi, lomba pemrograman, lomba penggalian data, lomba keamanan jaringan, lomba permainan bisnis, lomba pengembangan permainan, dan lomba karya tulis bidang TIK.

Beragam tema yang diangkat dalam berbagai lomba Gemastik, seperti dalam Lomba pengembangan permainan mengambil tema pendidikan, dengan membuat permainan untuk mempermudah pembelajaran fisika dan matematika. Sementara lomba penggalian data mengambil tema dalam bidang medis, yaitu penanganan pasien di rumah sakit dari data-data diagnosa yang disiapkan. Kesemua tema tersebut merupakan gambaran manfaat TIK dalam menunjang perbaikan masyarakat.

Untuk pelaksanannya, pendaftaran dimulai pada 1 April – 30 Juli, babak penyisihan dilaksanakan dari 31 Juli – 30 Agustus. Sedangkan acara puncaknya pada tanggal 6-7 Oktober 2010. Semua pelaksanaan sampai penyisihan dilaksanakan secara online. “Baru setelah dinyatakan lolos peserta diwajibkan datang ke ITS pada 6 Oktober,” jelas Husni.

Sementara itu Prof Dr Suasmoro selaku Pembantu Rektor III berharap ITS dapat meraih juara umum. “Sebagai tuan rumah ITS mestinya sudah mempersiapkan diri dengan baik,” Jelasnya. Meskipun demikian Husni menjamin pelaksanaan Gemastik akan ditangani secara professional, karena dalam penjurian akan melibatkan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, BPPT, Kominfo, lembaga independen di bidang TIK dan juga LSM.

“Kalau ITS menang, ya itu memang alami dan harus menang,” jelas Husni. (ims/mtb)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s